Biar Windows gak Gampang “Rewel” !!

Sedang asik main game atau browsing facebook tiba-tiba komputer atau laptop mu Deadlock, hang, atau munculnya Blue Screen dan Error….gak usah panik atau bingung.  semua itu terjadi  di Windows  bukan tanpa alasan. Ada beberapa penyebab hingga Windows bener-bener bikin kita jengkel banget gitu lhoo..h!! Berikut ini ada beberapa tips untuk mengurangi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

  1. Pastiin kalo Hard Disk udah terbagi menjadi beberapa partisi, tujuannya untuk membatasi gerak “system” dalam Hard Disk. Karena apa? karena setiap kali kita menginstall Windows, system operasi ini akan diinstall dalam “C:\WINDOWS” untuk windows 95, 98, ME, dan XP, dan “C:\WINNT untuk WinNT atau Windows 2000 bahkan untuk windows terbaru Windows 7 juga sama. Meski kadang-kadang banyak orang yang ngga’ perduli perkara kecil ini, persoalan ini bisa jadi penyebab munculnya Hang, Crash dan sebagainya. bila di biarkan terus menerus bisa-bisa kompi atau lapotop u rusak
  2. Pastiin juga setiap kali nginstall software-software baru selalu arahkan pada “Program Files”, tujuannya adalah agar file-file yang diinstall tertata dengan rapi pada satu direktori. Contoh pada saat menginstall program2 baru pada saat penentuan dimana program tersebut akan diinstall software secara default mengatur akan diletakkan di C (C:\Style XP), gantilah dengan “C:\Program Files\Style XP”. Tanda “ ” diperlukan karena setiap ‘Long Filename’ (nama file yang boleh memiliki spasi) perlu ditambahkan tanda “ “ .
  3. My Documents adalah folder yang selalu menjadi tumpuan banyak software, terutama Microsoft Office dan software 3rdparty yang lain. Setiap kita akan menyimpan sesuatu dari Microsoft Word, Excel, Power Point, Zip file dan sebagainya, Windows akan memunculkan kotak Save yang secara Default akan menunjuk pada folder My Documents . Folder inilah yang biasanya memunculkan “fragmented file” (file yang bertaburan) di dalam Hard Disk.

Untuk mencegahnya klik kanan pada forder My Documents dan pilih Properties, pada tab ‘Target’, pada ‘Target folder location’ gantilah dengan D (anda bisa meletakkannya pada E, F atau drive yang lain tergantung kondisi dan keinginan anda) dan pilih Move . . . ,

Windows akan menanyakan “ Are you want to move your file ..” Tekan saja Yes agar memindahkan semua isi folder My Documents dari C ke drive yang sudah Kamu tentukan. Sekarang pastikan bahwa folder My Documents sudah berada pada drive yang anda tentukan tadi.

Kamu bisa merasakan sendiri saat akan menDefrag Drive c:\,proses Defragment akan terasa lebih cepat karena tidak banyak fragmented file(file yang bertaburan) dalam c:\.

Posted on May 28, 2010, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: