Pengenalan Android

Berawal dari ide Tugas Akhir membuat aplikasi Android yang sampai saat ini belum terselesaikan (karena tidak sanggup membeli Smart Phone Android). Saya berusaha mencari-mencari  artikel dan tutorial mengenai Android dan pembuatan Aplikasi dalam OS Smart Phone tersebut. setelah browsing kanan – kiri akhirnya nemu juga beberapa artikel dan penjelasan tentang Android.

Android adalah Operating Sistem Open Source untuk ponsel yang diciptakan oleh Google dan Open Handset Alliance. Dalam beberapa tahun, Android telah menjadi salah satu Operating Sistem yang berkembang pesat dalam pasar, karena selain Open Source Android juga User Frendly dan sesuai dengan tuntutan zaman yang serba mobile dan dinamis. Sudah ada banyak platform mobile di pasar saat ini, termasuk Symbian, iPhone, Windows Mobile, BlackBerry, Java Mobile Edition, Linux Mobile (LiMo), dan banyak lagi.

Android di ciptakan oleh Google dan Open Handset Alliance, Android di ciptakan dari Modifikasi Linux Kernel, Kerne Linux yang dipakai untuk lapisan paling bawah yang berhubungan langsung dengan hardware, sehingga user tidak akan melihat tampilan Linux kernel sedikitpun di interface android.

Secara internal, Android menggunakan Linux untuk manajemen memori, proses sistem operasi jasa manajemen, jaringan, dan lainnya. Para Pengguna ponsel Android tidak akan pernah melihat Linux dan program-program.

Library ini semua ditulis dalam C atau C++, dikompilasi untuk arsitektur hardware tertentu yang digunakan oleh telepon, dan terinstal oleh vendor telepon.

Beberapa Library asli yang paling penting adalah sebagai berikut:

  • Permukaan Manager: Android menggunakan composite window manager mirip dengan Vista atau Compiz, tapi itu jauh lebih sederhana. Bukan gambar langsung ke buffer layar, perintah gambar Anda masuk ke offscreen bitmap yang kemudian digabungkan dengan bitmap lain untuk bentuk tampilan. Hal ini memungkinkan sistem menciptakan semua macam efek menarik seperti melihat-melalui jendela dan mewah transisi.
  • 2D dan grafis 3D: Dua-dimensi dan tiga-elemen dapat digabungkan dalam satu user interface tunggal dengan Android. Library akan menggunakan hardware 3D jika perangkat hardware mendukung untuk menampilkan 3D.
  • Media codec: Android dapat memutar video dan merekam dan memutar kembali audio dalam berbagai format termasuk AAC, AVC (H.264), H.263, MP3, dan MPEG-4.
  • Database SQL: Android mencakup database SQLite ringan
    mesin, 2 database yang sama yang digunakan di Firefox dan Apple iPhone. Anda dapat menggunakan ini untuk penyimpanan persisten dalam aplikasi Anda.
  • Browser mesin: Untuk tampilan cepat konten HTML, Android
    menggunakan Webkit library.3 Ini adalah mesin yang sama digunakan dalam Google Chrome browser, browser Safari Apple, Apple iPhone, dan Nokia S60 platform.
Sekarang Android banyak sekali dipakai pada Smart Phone baik High-End maupun Low-end, mulai Smart Phone Merk terkenal Samsung, LG, Sony Ericsson, HT Mobile, dan banyak lainnya. Selain itu untuk kelas Low-End di dominasi merk Tiongkok dengan harga yang sangat terjangkau…..:D
Tinggal anda pandai memilih sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda untuk membeli Smarth Phone Android atau Smart Phone yang lain….:D (Penulis sampai saat ini juga belum memiliki dari salah satu Smart Phone yang ada)

Posted on November 3, 2011, in Android, Artikel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: