BERANTAS KORUPTOR SAMPAI KE AKARNYA

Suatu kebanggaan yang luar biasa bila saya diberi kesempatan menjadi Ketua KPK. KPK mempunyai tugas, amanah dan tanggung jawab yang besar karena musuh – musuh KPK merupakan orang – orang yang punya kekuasaan, jabatan, terorganisir dan yang pasti Kaya Raya (Hasil Korupsi).

KORUPSi merupakan kejahatan yang luar biasa dan terorganisir atau orang – orang menyebut “Extra Ordinary Crime” sehingga perlu perlakuan khusus untuk memberantasnya. Andai saya menjadi Ketua KPK maka saya akan melakukan beberapa langkah strategis untuk memberantas KORUPSI di Negara ini, berikut langkah – langkahnya :

BERSATU & KOMPAK

Langkah pertama yang akan saya lakukan adalah dengan memperbaiki internak KPK, merekrut Penyidik yang profesional, merekrut pegawai yang independen, berkordinasi dengan lembaga lain seperti Polri, Kejaksaan, BPK, DPR dan lembaga lain dalam memberantas KORUPSI. Selalu berkomunikasi antar pimpinan KPK adalah salah satu cara untuk menjaga kekompakan.

TIDAK PANDANG BULU

KPK tentu harus bersikap netral dan Independen dalam memberantas Korupsi, saya akan menindak tegas tindakan Korupsi sekalipun itu dilakukan oleh kepala pemerintahan yang sedang berkuasa, para penegak hukum, Kejaksaan, Politikus dan Pejabat pemerintahan yang lain  Dengan dukungan semua rakyat Indonesia saya yakin Korupsi di Negara kita bisa di berantas sampai ke akarnya.

EFEK JERAH

Ditengah maraknya vonis pengadilan yang rendah terhadap tersangka Korupsi, perlu dilakukan terobosan yang kreatif dalam memberikan efek jerah pada para Koruptor. Berikut adalah untuk memberikan efek jerah pada Koruptor :

  • Dimiskinkan : KPK akan bekerja sama dengan lembaga lain untuk menyita harta benda milik tersangkah dan memastikannya menjadi aset negara.
  • Hukuman Berat : Koruptor harus dihukum yang berat dengan vonis puluhan tahun atau hukuman seumur hidup, dalam point ini KPK harus berkerjasama dengan Pengadilan.
  • Ekspose Media : Para tersangka Koruptor akan di ekspose secara resmi oleh KPK ke media masa (cetak / elektronik), Jejaring sosial (Twitter, Facebook) ekspose tersebut memuat berupa Foto, Biodata Lengkap, Kasus yang menjerat/Pasal yang dikenakan, Kerugian negara yang diakibatkan dari tindakan korupsi. Dengan di publikasikan ke media secara resmi diharapkan dapat memberikan efek jerah dan pelajaran bagi masyarakat bahwa Korupsi itu kejahatan yang luar biasa. Sehingga martabat dan harga diri para Koruptor akan jatuh, mereka tidak lagi bisa tersenyum dan melambaikan tangan dengan angkuh.

Dengan 3 point diatas diharapkan para calon pelaku Korupsi akan berfikir 2 kali untuk melakukan tindakan Korupsi.

KAMPANYE ANTI KORUPSI

Dalam hal pencegahan terhadap tindakan Korupsi perlu diadakan kampanye Anti Korupsi, saya akan membentuk sebuah tim yang bertugas untuk mengampanyekan semangat Anti Korupsi, melalui media elektronik dan media cetak, jejaring sosial (Facebook, Twitter, Bloger). Masuk ke komunitas – komunitas mahasiswa sebagai generasi mudah bangsa. Disamping itu tim tersebut akan kampanye pada sekolah – sekolah dan menanamkan sikap Anti Korupsi pada usia dini.

RATING ANTI KORUPSI

Langkah selanjutnya adalah dengan mengadakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan KPK. Kompetisi Bersih Dari Korupsi, tingkat lembaga pemerintahan Kementerian Agama, Pendidikan, Pemuda & Olah raga, Kesehatan, Pekerjaan umum dan lain – lain. Tingkat Provinsi se Indonesia. Kompetisi ini akan di beri rating tingkat korupsinya, dan bagi Lembaga atau Pemprov yang tingkat korupsinya paling rendah akan diberikan penghargaan kehormatan dari KPK. Dan bagi yang tingkat korupsinya tinggi maka akan diberi motivasi untuk memperbaiki menjadi lebih baik. Kompetisi ini bisa bekerja sama dengan lembaga survey nasional, atau bekerja sama dengan televisi swasta Nasional.

Dengan langkah – langkah strategis di atas saya yakin korupsi di Indonesia akan berangsur – angsur berkurang. Dengan menyatukan semua Elemen bangsa, mulai anak kecil, remaja, masyarakat, mahasiswa, jurnalis, politikus, aparatur negara, aktivis, penegak hukum kita bersatu melawan KORUPSI

Mari bersama berteriak “KORUPSI NGAK GAUL…….KORUPTOR NDESO”

Posted on October 17, 2012, in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: